Syarat dan Cara Lengkap Membuat NPWP Terbaru

Syarat dan Cara Lengkap Membuat NPWP Terbaru

Apa itu NPWP? Bagaimana cara membuat NPWP? Simak penjelasan dan panduan lengkapnya di sini!

Sebenarnya NPWP merupakan kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Pengertian NPWP sendiri adalah nomor dalam administrasi perpajakan yang diberikan kepada wajib pajak. NPWP digunakan sebagai tanda pengenal diri maupun identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak – haknya dalam urusan perpajakan.

Sebagai warga negara Indonesia, Anda wajib memiliki NPWP. Jika wajib pajak tidak mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, maka akan ada sanksi yang menunggunya. 

Syarat Membuat NPWP Terbaru

Seseorang dinyatakan sebagai wajib pajak jika memiliki penghasilan dalam satu tahunnya melebihi penghasilan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Adapun penghasilan PTKP sendiri diantaranya :
  • Wajib pajak orang pribadi Rp 54 juta.
  • Tambahan untuk wajib pajak bagi yang kawin Rp 4.5 juta.
  • Wajib pajak bagi istri yang pendapatannya digabung dengan pendapatan suami Rp 54 juta.
  • Tambahan untuk tiap anggota keluarga sedarah dan semenda Rp 4.5 juta.

Dan berikut adalah syarat pembuatan NPWP yang harus Anda tahu.

Wajib pajak bagi yang tidak menjalankan usaha, bisnis atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas)
  • Fotokopi KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) (Warga Negara Asing atau WNA)

Wajib pajak bagi yang menjalankan usaha, bisnis atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi KITAS
  • Fotokopi KITAP
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha atau bisnis, maupun surat keterangan tempat usaha
  • Materai

Wajib pajak bagi wanita kawin yang menginginkan hak dan kewajiban perpajakan terpisah

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi KITAS atau KITAP
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi dokumen perpajakan luar negeri (suami WNA)
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan pendapatan, harga atau surat pernyataan menghendaki hal perpajakan terpisah

Cara Membuat NPWP Online

  • Cara membuat NPWP pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi Dirjen Pajak, atau dengan mengeklik link berikut, ereg.pajak.go.id/login. 
  • Pilih menu Sistem e-Registration. 
  • Klik Daftar untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dulu. Isi data pendaftaran penggunaan dengan benar, seperti Nama, Alamat Email, Password dan lainnya. 
  • Aktivasi akun dengan cara membuka Kota Masuk dari Email Anda. Buka Email yang masuk dan ikuti petunjuk yang ada. 
  • Login ke Sistem e-Registration dengan cara memasukkan Email dan Password Akun yang sudah dibuat. Atau, Anda juga bisa klik tautan yang ada dalam Email aktivasi kedua. 
  • Jika semua data terisi dengan lengkap dan benar, silakan pilih opsi Daftar untuk memulai mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak. 
  • Cetak dokumen seperti yang terlihat di layar PC, yakni Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara. 
  • Apabila Anda sudah melakukan registrasi wajib pajak, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah Menanda Tangani Formulir Registrasi tersebut. Jika sudah, satukan dengan berkas kelengkapan yang sudah Anda siapkan.
  • Jika berkas – berkas kelengkapannya siap, kini saatnya untuk mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak beserta Surat Keterangan Terdaftar Sementara dan Dokumen lain ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat.
  • Berkas – berkas tersebut Anda serahkan langsung ke KPP atau lewat Pos yang tercatat. 
  • Pengiriman berkas pembuatan NPWP online ini harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir dikirimkan secara online. 
  • Namun demikian, apabila Anda ingin yang lebih simpel maka Anda bisa mengirimkan berkas tersebut dengan cara memindai atau scan dokumen dan mengunggahnya lewat aplikasi e-Registration dalam bentuk softfile. 
  • Tunggu beberapa saat, cek status kiriman kartu NPWP Anda. 
  • Untuk mengecek atau memeriksa status pendaftaran NPWP Anda bisa melalui email di laman history pendaftaran dalam aplikasi. 
  • Jika ternyata statusnya ditolak, artinya Anda harus memperbaiki beberapa data yang dirasa kurang benar atau lengkap.

Cara Membuat NPWP Offline

Datang ke Kantor Pelayanan Pajak Langsung

Untuk cara membuat NPWP secara offline, maka Anda harus datang langsung ke kantor pelayanan perpajakan terdekat, dimana Anda berdomisili. Jangan lupa, bawa berkas – berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Jika alamat domisili Anda berbeda dengan yang tertera di KTP, maka Anda harus siapkan surat keterangan tempat tinggal yang didapatkan dari kelurahan tempat Anda berdomisili. Semua berkas atau dokumen difotokopi. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi formulir pendaftaran wajib pajak yang pastinya harus diisi dengan benar dan lengkap, serta ditanda tangani. Formulir tersebut bisa didapatkan dari petugas pendaftaran di kantor perpajakan.

Lalu, langkah selanjutnya adalah menyerahkan semua berkas ke petugas pendaftaran. Nanti Anda akan mendapat tanda terima pendaftaran yang menunjukkan bahwasannya Anda telah berhasil melakukan pendaftaran untuk mendapat NPWP. Waktu yang dibutuhkan untuk cara membuat NPWP pribadi tidaklah lama, hanya satu hari kerja. Selain itu, untuk membuat NPWP ini juga tidak dipungkut biaya sepeser pun, alias gratis. Kartu NPWP yang sudah jadi akan dikirimkan ke alamat Anda lewat Pos.

Lewat Jasa Pos atau Ekspedisi Lain

Lalu, untuk metode terakhir ini bisa dipilih apabila lokasi kantor perpajakan jauh dari tempat Anda tinggal. Oleh karenanya Anda bisa datang ke kantor Pos atau jasa ekspedisi terdekat. Dari sanalah Anda bisa mengisi formulir pendaftaran NPWP dan sekaligus mengirimkannya dengan melampirkan dokumen persyaratan yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

Nah, itulah syarat dan cara lengkap membuat NPWP terbaru yang bisa kami infokan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama