Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Common dan Proper Noun

Common dan Proper Noun

Perbedaan common dan proper noun sering membingungkan kebanyakan orang. Dua  jenis utama kata benda ini memang sering digunakan sebagai pelengkap sebuah kalimat. Common noun sendiri adalah kata yang digunakan untuk menamai suatu benda secara umum. Kata benda umum digunakan untuk menamai hal-hal umum, bukan untuk hal-hal khusus.

Sementara proper noun merupakan penggunaan nama khusus untuk sesuatu. Proper adalah nama orang tertentu yang menempatkan sesuatu atau ide. Proper nouns umumnya digunakan untuk tempat atau nama orang tertentu. Masih bingung dengan perbedaannya?

Pengertian Common Nouns

Kata benda umum menamai orang, tempat, benda, atau ide secara umum. Ada tiga cara mudah untuk mengetahui apakah sesuatu adalah kata benda umum atau tidak. 
  1. Pertama, jika Anda bisa meletakkan artikel di depan kata (a, an, atau the) seperti pada “the cat”, itu bisa berupa common nouns.
  2. Jika Anda dapat membuat kata jamak ‘s’ seperti dalam "cats", itu bisa menjadi common nouns.
  3. Jika Anda dapat menambahkan kata ganti posesif di depan sebuah kata (my, his, their) seperti dalam "my cat", itu bisa menjadi kata benda.
Nah, apabila salah satu dari kondisi di atas bisa diterapkan, maka kata yang Anda bingungkan sudah jelas merupakan sebuah common nouns.

Penjelasan Proper Noun 

Proper noun adalah kata yang juga merujuk ke orang, tempat, benda, dst tetapi lebih spesifik. Proper noun selalu menggunakan huruf kapital. Misalnya, cat adalah kata benda umum tetapi ‘Persian cat’ adalah proper noun. ‘Car’ adalah kata umum untuk kendaraan, tetapi Mitsubishi adalah merek mobil tertentu.

Seperti aturan bahasa Inggris lainnya, ada beberapa trik untuk proper noun. Seekor anjing adalah kata benda umum, dan pudel adalah anjing tertentu, bukan? Namun, Anda tidak akan memanfaatkan poodle karena masih bersifat umum (binatang).

Jika memiliki Anda memiliki perubahan yang berfokus pada negara tertentu, misalnya American poodle, Anda akan menggunakan huruf besar untuk kata sifat karena mengacu pada negara tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh untuk membantu perbedaan common dan proper noun
Common noun: atlet
Proper noun: Cristiano Ronaldo
Contoh kalimat: Cristiano Ronaldo was an atlet
Sudah tahu tentang perbedaan common dan proper noun ya? Kalau masih ada hal yang sekiranya membingungkan, Anda bisa kursus belajar bahasa Inggris asyik hanya di EF English Center.